Rabu, 27 November 2013

PERUBAHAN


Sebuah Fenomena Alam
 
Perubahan adalah bagian dari kehidupan semua orang.  Setiap hari, orang memiliki pengalaman baru, bertemu orang baru, dan belajar sesuatu yang baru.  Orang-orang yang sudah dewasa, mereka mulai meninggalkan rumah, yang sudah lulus dari perguruan tinggi, lalu memulai karir, dan mungkin memulai sebuah keluarga. Beberapa perubahan ini telah disiapkan dan telah diantisipasi untuk beberapa waktu.  Banyak yang menarik, yang mengarahkan ke peluang dan tantangan baru.  Beberapa sama sekali tidak terduga, kadang-kadang datang dan kadang-kadang tidak. Ketika perubahan terjadi terlalu cepat atau menuntut terlalu banyak, itu bisa membuat orang merasa tidak nyaman (Bilchik, 2002), bahkan cemas atau stres.

 
Makro dan Mikro Perubahan

Kehidupan terus berputar dalam roda perubahan (Dent, 1995, p. 287) dalam perawatan kesehatan tampaknya berputar lebih cepat setiap tahunnya. Tingkat makro (skala besar) adalah perubahan yang mempengaruhi hampir setiap fasilitas kesehatan. Mengubah serta menciptakan hal baru di bagian mana saja pada suatu system (Parker & Gadbois, 2000). Setiap perubahan yang akan terjadi pada tingkat makro ini menyaring sampai ke tingkat mikro (perubahan kecil), baik tim dan individu.  Perawat melakukan tindakan disiplin dan mulai mengajak pasien untuk  berpartisipasi dalam perubahan ini. Tingkat mikro ini, berfokus pada perubahan kususnya pada utama dari bab ini.

 
Perubahan dan Comfort Zone 


Tahapan dasar dari proses perubahan yang dijelaskan oleh Kurt Lewin pada tahun 1951 yang unfreezing, perubahan, dan refreezing (Lewin, 1951; Schein, 2004).  Bayangkan sebuah situasi kerja yang pada dasarnya stabil.  Orang umumnya terbiasa satu sama lain, memiliki rutinitas untuk melakukan pekerjaan mereka, dan percaya bahwa mereka tahu apa yang akan diharapkan dan bagaimana untuk menangani masalah apapun muncul.  Mereka bekerja biasanya dalam "zona nyaman" mereka (Farrell & Broude, 1987; Lapp, 2002).  Perubahan yang besar akan membuat setiap kemungkinan untuk memindahkan orang keluar dari zona nyaman ini menjadi ketidaknyamanan.  Ini bergerak keluar dari zona nyaman disebut unfreezing (Gambar 8.1). Sebagai contoh:
Banyak lembaga kesehatan menawarkan perawat pilihan pada hari kerja atau bekerja pada akhir pekan. Mengingat pilihan ini, perawat dengan anak-anak usia sekolah cenderung menemuakan zona nyaman mereka diluar hari kerja.  Perubahan yang terjadi akan menjadikan perpindahan dari zona nyaman ke zona ketidaknyaman.  Dalam beberapa keluarga tertentu mereka mungkin harus mencari penjaga bayi baru atau mulai mencari sebuah pusat perawatan anak baru yang terbuka pada akhir pekan. Namun alternatif lain akan ditemukan pada posisi yang menawarkan jam kerja yang lebih baik.
Apapun alternatif yang mereka pilih, perawat sedang ditantang untuk menemukan solusi yang memungkinkan mereka untuk pindah ke zona nyaman yang baru.  Untuk mencapai hal ini, mereka harus menjadi konsisten, Dalam hal ini, yang diandalkan adalah penitipan anak.  Ini disesuaikan dengan jadwal baru mereka dan untuk kebutuhan anak-anak mereka dan kemudian mengamankan situasi mereka.  Jika mereka tidak menemuakan, puas dengan alternatif-tive yang ada, mereka bisa masuk di zona ketidaknyamanan, terjebak dalam konflik yang terjadi.  Tanggung jawab pada pribadi dan profesional. Sebagai contoh ini menggambarkan, bahkan apa yang tampaknya terjadi. Perubahan kecil dapat sangat mengganggu orang yang terlibat di dalamnya. Karna itu perubahan – perubahan yang terjadi dapat dipertimbangkan dari banyak alasan apakah memprovokasi maupun mempengaruhi perubahan yang ada.


Kesimpulan
 
Perubahan adalah bagian tak terelakkan dari hidup dan bekerja. Bagaimana orang menanggapi perubahan dan jumlah stress yang di dapat.  Sebagian besar perubahan dapat menjadi peluang untuk pertumbuhan profesional dan pengembangan bukan hanya stres tambahan pada perawat namun dan klien mereka harus diatasi.

 
Referensi
Whitehead, D. K., Weiss, S. A., & Tappen, R. M. (2010). Essential of Nursing Leadership Management. 5th ed. F.A Davis Company: Philadelphia
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar